Info Baru
Hosting Unlimited Indonesia

Tips Dalam Membedakan Blackberry Asli, BM dan Palsu

jogjamitsubishi jogja kredit murah mitsubishi all new pajero sport wilayah jogja jateng delaer resmi mitsubishi jogja


Indonesia merupakan pasar BlackBerry terbesar di dunia, dimana permintaan BlackBerry terus meningkat karena sejak tahun 2010 hingga saat ini bahkan sekarang dipasaran harganya pun semakin murah. Akibat dari permintaan BlackBery yang begitu besar membuat peluang munculnya BlackBerry palsu, BM (Black Market) dan refurbish pun semakin besar. Terus bagaimana sih cara membedakan BlackBerry asli, BM (Black Market) dan refurbish? 



Nah buat pengguna awam tentunya agak sangat sulit untuk membedakan antara BB asli, BM dan refurbish karena dari tampilannya pun hampir tidak ada bedanya. tapi jika diteliti secara cermat semua perlengkapan seperti dus (boxnya), buku panduan dan BB itu sendiri nampak ada perbedaan antara BB asli dan palsu.

Nah biar kita tidak kena tipu atau salah beli, lebih baik kenali dulu BB itu palsu, BM dan refurbish? lalu bagaimana cara membedakannya? begini, sebelum lebih lanjut kita bicara logika dulu saja ya hehehe kayak Dosen aja x..., Harga Blackberry terlaris Gemini normalnya adalah sekitar 1,7 juta-an atau sekitaran, yang beredar sekarang banyak BB sejenis yang ditawarkan jauh dibawah standar harga normal, kembali logikanya harga terlalu murah tersebut tentu tidak jelas, apakah itu Black Market? Cuci gudang? Rekondisi? lebih parah lagi Curian. Bisa simpulkan bahwa barang itu secara logika bukan asli atau resmi. Boleh saja membeli barang seperti itu, karena mereka yang menjual juga tentu mempunyai niat usaha untuk menghidupi keluarga kan? kita hargai saja aspek tersebut. Bagaimanapun juga yang membedakan tentu kualitas dan life time nya, Atau bahkan tak jarang beberapa fitur yang tidak berfungsi, harus upgrade lagi dan keluar duit lagi.


Berikut ini beberapa panduan dalam membedakan BlackBerry palsu, BM dan refurbish
# Dus
  • Refurbish : Sablon dus kasar, dibagian bawah biasanya tidak terdapat notifikasi hak paten dalam berbagai bahasa, biasanya disisi kanan tidak ada stiker indentitas handheld.
  • BM : Sablon halus, dibagian bawah terdapat notifikasi hak paten dalam berbagai bahasa, disisi kanan terdapat stiker indentitas handheld, dus bergambar BB dan berlogo sesuai dengan vendor yg mengeluarkan/memproduksi blackberry tersebut ( tapi ada juga yg hanya berwarna hitam seperti dus resmi).
  • Resmi : Sablon halus, dibagian terdapat notifikasi hak paten dalam berbagai bahasa, disisi kanan terdapat stiker indentitas handheld, dus berwarna hitam tidak ada gambar BB hanya ada tulisan Blackberry di bagian atasnya.

# Logo
  • Refurbish : Biasanya logo pada bodi, welcome screen dan Internet Browser tidak sesuai dengan di dus ( contoh di BB pada saat welcome screen keluar tulisan T- Mobile tapi dus polos / bukan dus keluaran T-Mobile, di Body BB ada tulisan T-Mobile tapi dus polos / bukan dus keluaran T-Mobile, di Internet browser ( selama masih memakai themes standard ) berlogo T- Mobile tapi dus polos / bukan dus keluaran T-Mobile).
  • BM : Logo pada bodi & welcome screen & Internet Browser sesuai dengan di dus ( selama masih memakai themes standard ) .
  • Resmi : Tidak ada logo pada bodi & welcome screen & Internet Browser, kecuali BB keluaran Indosat dan Axis.

# Pin & Imei
  • Refurbish : Biasanya PIN nya tidak tetap / dynamic ( berubah-ubah ), IMEI ketika di cek di numbering plans biasanya tidak sesuai dengan handset.
  • BM : PIN tetap / static, IMEI ketika di cek di numbering plans sesuai dengan handset dan vendor, tetapi untuk beberapa jenis Blackberry ada yg belum tercatat di database numbering plans sehingga akan keluar informasi "This IMEI number might to be correct, but it is impossible to get this confirmed".
  • Resmi : PIN tetap / static, IMEI ketika di cek di numbering plans sesuai dengan device, tetapi untuk beberapa jenis Blackberry ada yg belum tercatat di database numbering plans sehingga akan keluar informasi "This IMEI number might to be correct, but it is impossible to get this confirmed".

# Periksa Selalu Internal Data
Cek status Lifetime blackberry pada option dan status, ketik BUYR. Status data lifetime akan memunculkan atau menampilkan angka Nol bila memang Blackberry yang beli masih baru. Jika yang muncul Exceeding 120K dan Voice Usage Exeeding 60 Minutes, sebaiknya pikirkan matang-matang sebelum membeli blackberry tersebut, karena itu berarti Blackberry yang akan beli sudah pernah digunakan (Refurbish).

Satu lagi carilah info tentang seri Blackberry yang mau dibeli baik di konter Hp atau di Internet (Forum atau berita2) agar tau kelebihan dan kekurangan dari fitur2 Blackberry yang sobat mau beli.

Semoga info ini dapat bermanfaat sebelum temen2 membeli Blackberry, bila ada tambahan silahkan tuliskan di kontak komentar...



10 Postingan Terbaru :

2 Responses to "Tips Dalam Membedakan Blackberry Asli, BM dan Palsu"