Info Baru
Hosting Unlimited Indonesia

Tips Membeli Ponsel Android Second

jogjamitsubishi jogja kredit murah mitsubishi all new pajero sport wilayah jogja jateng delaer resmi mitsubishi jogja


Cek Membeli Smartphone Android SecondSmartphone Android, ponsel yang lagi trend ini merupakan ponsel yang sekarang di minati banyak orang dari muda sampai tua. Ini dikarenakan fitur yang terdapat didalamnya sangat beragam baik aplikasi, game, dan lain-lain. Bahkan sekarang harga Ponsel berOS Android ini terbilang bervariasi dari yang murah sampai yang super mahal juga ada. Nah dengan mewabahnya ponsel Android tentunya banyak juga yang menjualnya karena mungkin seri Androidnya ingin yang lebih baru.


Bahkan di Online saja banyak kita temui handphone Android second terpampang disitu. Terkadang orang dengan budjet yang terbatas ingin mencicipi tipe ponsel Android dengan merk dan spek wah gitu lho... Tapi tentunya kita harus berhati-hati dalam membelinya. OK kali ini kita berbagi tips apa yang harus diperhatikan saat membeli Android Second

Hal-hal yang perlu diperhatikan bila membeli Hape Smartphone Android :
1. Garansi
Cek apakah masih ada garansinya, ex garansi atau garansi sudah tidak ada dikarenakan telah dibongkar (Root). Bila unit sudah tidak bergaransi maka coba pertimbangkan terlebih dahulu, namun bila bilang ada maka mintalah bukti kartu garansinya dan cek/nota pembelian untuk mengecek kebenarannya.

2. Cek IMEI
Cobalah cocokkan nomor IMEI yang tertera pada perangkat androidnya (biasanya ada di bawah baterai) dengan nomor IMEI di kardus/box. Untuk cek IMEI bisa menggunakan kode panggilan *#06#,

3. Cek Fisik HP
Untuk cek ini kalian harus teliti, untuk body cassing hp Android  second cek apakah ada goresan atau tidak. Untuk cek apakah pernah dibongkar/service coba cek bagian dalam, lihat sticker/label hologram bila sudah robek berarti sudah pernah diservice/dibongkar. Oya perlu perhatikan juga bila kalian membeli hape android jangan sekali kali melihat handphone tersebut dari luarnya saja, karena belum tentu dari luarnya bagus tapi dalamnya belum tentu sebagus cassingnya hehe. Maka mintalah penjual untuk menunjukkan bagian dalam atau isi dari perangkat tersebut, buka casing lihat isinya. Perhatikan label atau tanda original di setiap mur HP jika sudah tidak ada lagi atau sudah terbuka, itu artinya itu HP sudah pernah di bongkar ulang, serta coba tanyakan spesifikasi dari ponsel androidnya.

3. Cek Kondisi Baterai
Baterai bisa dikatakan sumber kehidupan dari ponsel, maka cek apa baterai tersebut original atau tidak serta cek juga kondisi baterai menggembung atau tidak.  Karena perangkat android memerlukan asupan daya yang relative besar, maka baterai pun harus baik dan berkualitas.

4. Cek Layanan Panggilan dan Penerimaan
Cobalah untuk melakukan panggilan atau penerimaan telpon dengan menggunakan hp lain. ndan perhatikan apakah fungsi mic dan speaker (maksimum - minimum) bekerja gunakan HP untuk panggilan keluar dan masuk, pastikan suara dapat terdengar dengan baik dan mic dapat berfungsi optimal/baik.

5. Lakukan Pengetesan sederdana sebelum membeli Ponsel Android second/bekas :
a. Tes LCD (LCD Test)
Test ini sangat perlu karena semua Ponsel android menggunakan layar sentuh (Touchscreen). Dengan tes LCD kita bisa tahu kondisi kualitas layar ponsel android second tersebut. Caranya ketikkan kode *#*#0*#*#* untuk mengecek kondisi LCD pada Android second tersebut. Sesaat setelah kode tersebut dimasukkan, Anda akan dihadapkan pada tombol pilihan warna-warna Red, Green, Blue, Receiver (White), Vibration (Black), Dimming, Megacam, Sensor, Touch, Sleepmode, Speaker, dan Sub Key. Anda bisa mengecek kondisi LCD Android second tersebut dengan parameter yang dimunculkan tadi.

b. Amati Kondisi Layar
Kodenya adalah *#2664# digunakan untuk mengamati kondisi layar, sesaat kode tersebut dimasukkan layar Android second tersebut akan berubah menjadi layar hitam. Setelah itu gerakkan dan lakukan sesuatu pada layar tersebut, sesaat kemudian akan ada garis merah. Jika garis merah tersebut putus, bisa dipastikan kondisi layar tersebut sudah tidak dalam kondisi baik lagi.

c. Touchscreen Version
Kode *#2663# digunakan untuk cek touchscreen version, yaitu sebuah pengecekan terkait dengan firmware version dari Android second tersebut. Anda bisa memastikan dan mengetahui Android second tersebut dalam posisi firmware version apa. Dengan Anda mengetahui kondisi firmware version dari Android second tersebut, Anda akan semakin terbantu pada saat update firmware secara online. Sesaat setelah kode tersebut diketik, Anda akan dihadapkan pada jendela munculan informasi firmware version dari Android second tersebut.

d. Version
Kode *#44336# digunakan untuk mengetahui versi dari Android second tersebut. Mulai dari firmware, waktu pembuatan, dan change list dari ponsel tersebut.

e. Melody Test
Kode *#0673# digunakan untuk cek Melody Test, dengan melakukan ini kita bisa mengetahui kondisi kualitas speaker Android second itu. Biasanya banyak kasus terjadi speaker pada Android second tidak berbunyi, dengan berbagai alasan apakah itu sering terjatuh dan sebagainya. Setelah menekan kode tadi, kita akan melihat tombol-tombol pilihan seperti tombol Speaker_on, Receiver_on, Headset_on Left, Headset_on Right, Receiver_Headset_on Left, Receiver_Headstet_on Right, OFF, dan EXIT. Anda bisa mencoba semua musik dasar tersebut untuk mengecek kondisi speaker.

f. Device Test
Kode *#0842# digunakan untuk pengecekan perform dari device ponsel android. dengan kode ini kita bisa cek mode getaran. Jika mode getar tersebut tidak berfungsi pada diujikan, berarti vibration pada Android second tersebut mengalami error atau seringkali terjatuh sehingga vibration-nya tidak bisa berfungsi.

g. Bluetooth Test
Kode *#232337# berguna untuk mengecek kondisi koneksi data kondisi Bluetooth yang ada, sekaligus mengecek Device Address yang ada di dalamnya.

6. Sensor, Fitur dan Software
Diponsel Android telah dibenamkan beberapa fitur dan sensor. Untuk melakukan cek sensor anda dapat menggunakan aplikasi untuk cek sensor, banyak sekali aplikasi pada play store yang dapat anda gunakan untuk cek sensor apakah berjalan dengan baik, selain itu cek juga software apakah software khususnya ROM bermasalah?

7. Cek kelengkapan paket HP
Setelah benar-benar memastikan kondisi hp android baik, kini cek kelengkapan dari perangkat tersebut seperti kabel data, headset , charger, kabel HDMI (klau ada), buku panduan dan jangan lupa nota pembelian nya .Jangan sampai ada yang tertinggal kelengkapan tersebut agar anda dapat menikmati hp android anda dengan sebaik-baiknya.

Mungkin ini dulu ya smoga temen-temen jangan sampai salah memilih dan selalu lebih teliti sebelum membeli agar anda tidak rugi. Ingat ya teliti sebelum memberi dan jangan terkecoh dengan harga yang super murah biar nggk nyesel. Trims kunjungannya.

Dirangkum dari berbagai sumber dan pengalaman ^_^



10 Postingan Terbaru :

2 Responses to "Tips Membeli Ponsel Android Second"

  1. Keren infonya gan... sangat membantu... ditunggu ketadangan ke positiveonx.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Nice Tipss..

    mampir juga gan di >> Infostore lihat barang elektronik berkualitas.

    ReplyDelete