Info Baru
Hosting Unlimited Indonesia

Mengenal Jenis Memori Internal di Smartphone Android

jogjamitsubishi jogja kredit murah mitsubishi all new pajero sport wilayah jogja jateng delaer resmi mitsubishi jogja


Mengenal Jenis Memory Internal di Android

Mengenal Jenis Memory di Android. Smartphone sekarang sangat ngetrend apalagi smartphone berbasis OS Android. Nah tentu dari kalian yang sudah atau belum memiliki ponsel smartphone ini pasti kenal dengan namanya Memory kan!. Yup memory tentu tidak bisa dipisahkan dengan gadget seperti ponsel smartphone Android. Nah mengetahui jenis dan besar Memory sangat penting saat akan membeli sebuah ponsel Android. Tentunya saat kita melihat box/kemasan dari ponsel pasti akan dijumpai/disebutkan kapasitas memorinya kan, baik itu memori RAM maupun Memori Internal. Tapi terkadang apa yang tertulis di boxnya berbeda dengan apa yang terlihat terdeteksi di ponselnya, nah tentunya ini akan membuat bingung bercampur kecewa bagi sang pembeli. Pasti dipikiran kita berkata MENGAPA??? Oke deh kali ini blankON-ku akan memberikan penjelasan singkat tentang itu.....

Di Android sendiri awal mulanya sistem penyimpanan ada yang dibagi 2 dan ada yang di bagi 3 :
  • Untuk Generasi pertama atau awal-awal Android memory di bagi dua yaitu Internal Storage dan SD Card (Memory eksternal).
  • Untuk ponsel Android yang tidak memiliki slot mmc, memory dibagi menjadi Internal (SystemStorage) dan Phone(USB Storage)
  • Dan untuk Posnel Android terbaru (headset terbaru/high) umumnya dibagi menjadi 3 yaitu Internal (SystemStorage), Phone (USB Storage) dan SD Card (Memory Eksternal)


Nah tentunya buat para Droid semua pasti ada yang sudah paham atau belum tentang apa sih "Internal (SystemStorage), Phone (USB Storage) dan SD Card (Memory Eksternal)", buat nambah wawasan tentang itu dibawah ini akan saya jelaskan sedikit tentang macam-macam istilah memory pada smartphone Android

Internal Storage (System Storage)
Berguna khusus untuk menyimpan file-file seperti aplikasi atau game, hanya System storage ini tidak dapat untuk menyimpan konten seperti foto, video, musik, dokumen dan sebagainya. Saat kalian install Aplikasi (Apk) kapasitasnya akan berkurang.

Phone Storage (USB Storage)
Storage ini bisa untuk menyimpan file aplikasi / game serta bisa juga untuk menyimpan segala jenis file yang lain seperti foto, dokumen, musik, video dan lain-lain.

SD card / Kartu SD (Memory Eksternal)
Memori ini biasa berbentuk kartu kecil berupa microSD (ukurannya kecil). memopry ini bisa dilepas pasang dan bisa diganti besar kapasitasnya. SD card ini berguna untuk menyimpan file pengguna seperti foto, video, musik, dan lain-lain. Untuk SD Card sendiri ada berbagai macam kapasitas dan tingkatan class, untuk lebih jelas bisa baca di "Pengertian dan Jenis Class pada MicroSD"


Saat kita melihat nilai spesifikasi yang tertulis di box/packaging dari gadget Android disitu akan tertulis besar memori telepon, yang sebenarnya merupakan total dari System Storage + Phone Storage (USB Storage) yang besar keduanya berbeda beda untuk tiap vendor/produsen, ada yang dibagi sama rata (50:50) tapi ada juga dimana nilai berbeda dimana USB Storage lebih besar dari System Storage.

Sebagai Contoh :
Dibox tersebut tertulis Memori Internal 4 Gb, maka kita bisa uraikan Memori Internal ini terdiri dari System Storage 1 Gb dan Phone Storage 2 Gb. Nilai besar kecilnya tergantung pengaturan dari Vendor ponsel/gadget. Nah bila kedua jenis memori ini di total maka akan menjadi 3 Gb kan (1Gb ditambah 2 Gb).  Lho kok cuma 3 Gb?? mana yang 1 Gb ??? tentu ini akan menjadi pertanyaan kalian. Nah untuk sisa 1 Gb sebenarnya dipakai untuk Instalasi Sistem OS Android atau biasa dikenal dengan sebutan ROM (Read Only Memory). Jadi 4Gb tersebut akan terurai menjadi 1 Gb System Storage, 2 Gb Phone Storage dan 1 Gb ROM (Firmare OS Android)

Untuk penjelasan ROM bisa baca di "Apa sih yang dimaksud Custom ROM Android ?"

Semoga info diatas bisa menambah pengetahuan dan bisa bermanfaat. Trims sudah berkunjung di blankON-ku ini, jangan lupa klik Google+ dan follow blog ya...




10 Postingan Terbaru :

0 Response to "Mengenal Jenis Memori Internal di Smartphone Android"